DESKRIPSI DAN KLASIFIKASI IKAN KERAPU BEBEK

|
MUHAMMAD RAIS

Hai pecinta laut !!! kali ini kita akan membahas seputar ikan yang sangat populer di Indonesia. Pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan ikan yang satu ini.Ya, ikan tersebut adalah ikan kerapu,. Nah, yang akan kita bahas kali ini ialah ikan kerapu bebek. Untuk itu silahkan di simak pembahasan di bawah ini :

Penamaan

Nama Ikan: Kerapu Bebek atau Kerapu Tikus
Spesies : Cromileptes altivelis
Nama Ilmiah: Chromileptes altivelis
Nama Internasional : polka-dot grouper atau hump-bucked roket
Nama Lokal : Korapu

Klasifikasi

klasifikasi adalah sebagai berikut :
Kingdom                : Animalia

Phyllum                 :  Chordata

Subphylum            :  Vertebrata

Class                     :  Osteichyes

Subclass               :  Actinopterigi

Ordo                      :  Percomorphi

Subordo                :  Percoidea

Family                   :  Serranidae

Subfamili               :  Epinephihelinae

Genus                   :  Cromileptes

Spesies                 :  Cromileptes altivelis

Deskripsi

        Ikan Kerapu Bebek memilik bentuk tubuh bagian punggung meninggi dengan bentuk cembung (Concaver). Ketebalan tubuh sekitar 6,6 – 7,6 cm dari panjang spesifik sedangkan panjang tubuh maksimal sampai 70 cm. Ikan ini tidak mempunyai gigi canine (gigi yang terdapat dalam geraham ikan) lubang hidung hidung besar berbentuk bulan sabit dertical, kulit berwarna terang abu-abu kehijauan dengan bintik-bintik hitam diseluruh kepala, badan dan sirip. Pada kerapu bebek muda, bintik hitamnya lebih besar dan sedikit.

        Ikan kerapu tersebar luas dari wilayah Asia Pasifik termasuk Laut Merah, tetapi lebih terkenal dari teluk Persi, Hawai, atau Polinesia dan hampir seluruh perairan pulau tropis Hindia dan Samudera Pasifik Barat dari Pantai Timur Afrika sampai dengan Mozambika. Di Indonesia ikan kerapu bebek banyak didapati di daerah perairan Pulau Sumatera, Jawa, Sulawesi, Pulau Buru dan Ambon dengan salah satu indikator adanya kerapu di daerah berkarang . Kerapu berkembang baik pada terumbu karang hidup maupun mati atau perairan karang berdebu dan tide pools .Dalam siklus hidup, kerapu bebek muda hidup diperairan karang pantai dengan kedalaman 3-5 m dan kerapu dewasa hidup pada kedalaman 40 – 60 m .Parameter ekologis yang cocok untuk pertumbuhan ikan kerapu yaitu pada kisaran suhu 24 – 31°C, salinitas antara 30 – 33 ppt, kandungan oksigen terlarut lebih besar dari 3,5 ppm dan pH antara 7,8 – 8,0 (Departemen pertanian, Direktorat jenderal perikanan 1999).

    Ikan kerapu bebek merupakan jenis ikan bertipe hermaprodit protogini, yaitu pada tingkat perkembangan mencapai dewasa (matang gonad), proses diferensiasi gonadnya berjalan dari fase betina ke fase jantan atau dapat dikatakan ikan kerapu bebek ini memulai siklus hidupnya sebagai ikan betina kemudian berubah menjadi ikan jantan. mengatakan fenomena perubahan jenis kelamin pada ikan kerapu bebek sangat erat hubungannya dengan aktivitas pemijahan umur ikan, indeks matang kelamin dan ukuran tubuh.  Induk kerapu bebek yang ditangkap di alam memiliki ukuran kecil dan pada umumnya berjenis kelamin betina.  Induk ikan akan mengalami pematangan kelamin sepanjang tahun.

Gambar


Gambar Ikan Kerapu Bebek

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

APA ITU SATELIT

Halo sobat Gisser.. Bumi kita merupakan suatu tempat yang mempunyai berbagai keistimewaan yang sangat banyak, yang terkadang kita sendi8i se...

Popular Post

(C) Copyright 2018, All rights resrved AquaGIS.id. Template by colorlib