Deskripsi dan Klasifikasi Ikan Tawes

|
MUHAMMAD RAIS
Hasil gambar untuk ikan tawes

Penamaan

Nama Ilmiah : Puntius Javanicus
Nama persamaan (synonim) : barbonymus goniono bleeker,1850
Nama lokal : bulu jawa

Deskripsi 

ikan tawes adalah ikan sungai yang biasa dimakan orang di daerah asia tenggara daratan maupun kepulauan. ikan tawes tergolong ikan yang digemari sebagai konsumsi ikan goreng. ukurannya sedang dan telah dibudidayakan di kolam-kolam menurut laporan abad ke-19. menurut catatan fao, ikan ini pernah diintroduksi ke filipina (1956) dan ke india (1972).
pieter bleeker telah mengidentifikasi hewan ini pada abad ke-19 dan memberi nama berbeda untuk yang ditemukan di indocina (barbus gonionatus, dengan alternatif puntius gonionatus, barbonymus gonionatus, serta barbodes gonionatus, 1850), dan di jawa (barbus javanicus, dengan alternatif puntius javanicus, 1855). garibaldi (1996) merevisi p. gonionatus sebagai barbus gonionatus, namun kottelat (1999) merevisi kembali dengan menggabungkan kedua spesies dengan dua spesies lain sebagai satu spesies, barbonymus gonionatus. nama terakhir ini adalah nama yang dianggap valid.

Klasifikasi

 kingdom : animalia
 filum : chordata
 kelas : actinopterygii
 ordo : cypriniformes
 famili : cyprinidae
 genus : puntius
 spesies : puntius sp.

Struktur Morfologis

ikan tawes (puntius javanicus) memiliki badan yang berbentuk hampir segitiga dan pipih, sisik relatif besar dengan warna keperak-perakan atau putih keabu-abuan. tinggi badan ikan tawes 1 : 2,4-2,6 kali panjang standar. mulut berbentuk runcing dan letaknya di tengah (terminal), selain itu mulut ikan tawes memiliki dua pasang sungut yang kecil. sisik ikan tawes berwarna putih keperakan. warna sisik di bagian punggung lebih gelap, sedangkan warna sisik di bagian perut lebih putih. dasar sisik berwarna kelabu sampai gelap. sirip ekor bercagak dalam dengan lobus membulat (susanto, 2007).

Habitat Ikan Tawes (Puntius Javanicus )
ikan tawes merupakan spesies asli indonesia yang banyak ditemukan hampir di semua perairan tawar khususnya di perairan mengalir ( lotic ). ikan tawes pertama ditemukan diperairan pulau jawa oleh karena itu ikan tawes diberi nama latin puntius javanicus. ikan tawes mulai banyak ditemukan tersebar di negara-negara asia dan mulai membentuk strain atau ras. pada awalnya ikan tawes merupakan jenis ikan liar yang hidup di sungai-sungai yang berarus deras. kemudian lama kelamaan ikan ini mulai dibudidaya dan dikembangbiakan (susanto, 2000).

ikan tawes memiliki beberapa nama daerah, yaitu putihan, bader (jawa); badir (madura); kandia, rampang (sulawesi selatan), taweh, baru (sumatera barat). dalam istilah bahasa inggris tawes dikenal sebagai java carp. di indonesia, ikan tawes banyak dibudidayakan baik di jawa, sumatra, kalimantan, sulawesi, irian jaya, bali, ntb, dan ntt. ikan tawes merupakan salah satu jenis ikan tawar yang memiliki penyebaran sangat luas di mana ikan ini mudah ditemukan di perairan bebas di pulau jawa (kottelat et al., 1993).

ikan tawes merupakan ikan air tawar yang mampu hidup di air payau dengan salinitas 7 per mil. oleh karena itu, ikan tawes dapat dibudidayakan di kolam budidaya, tambak, sawah, waduk, bendungan, dan perairan umum lainnya. budidaya di perairan umum dapat dilakukan dengan sistem jaring terapung dan karamba (santoso & wikatma, 2001). ikan tawes dapat hidup dengan baik pada daerah dengan ketinggian 50-800 m dpl. namun demikian, yang terbaik adalah di tempat yang tingginya 50-500 m dpl. suhu ideal untuk kehidupan ikan tawes berkisar 20-33 0 c, dengan ph air berkisar antara 6,7 – 8,6 (evi, 2001).

1 komentar:

Featured Post

APA ITU SATELIT

Halo sobat Gisser.. Bumi kita merupakan suatu tempat yang mempunyai berbagai keistimewaan yang sangat banyak, yang terkadang kita sendi8i se...

Popular Post

(C) Copyright 2018, All rights resrved AquaGIS.id. Template by colorlib