Deskripsi Ikan Toman

|
MUHAMMAD RAIS
Hasil gambar untuk ikan toman

Klasifikasi Ikan Toman (Channa micropeltes)

      Klasifikasi Ikan toman menurut Blekeer,(1878)
        Kerajaan   :Animalia
        Filum        :Chordata
        Kelas        :Actinopterygii
        Ordo         :Perciformes
        Familia     :Channidae
        Genus       :Channa
        Spesies     :Channa micropeltes

Nama lain ikan Toman : Thynnichthys polylepis (Kottelat et al, 1993)Thynnichthys           polylepis, (Saanin, 1984).

Nama lokal ikan Toman : Kanjilo

Deskripsi

Toman adalah nama sejenis ikan buas dari suku ikan gabus. Memiliki bentuk tubuh yang mirip dengan ikan gabus, toman dapat tumbuh besar mencapai panjang lebih dari satu meter dan menjadi spesies yang terbesar dalam sukunya. Ikan Toman habitat asalnya berada di Kalimantan. Ikan ini sangat mudah untuk di budidayakan karena kemampuannya yang mampu menyerap alakali dalam tanah. Pembuatan kolam tanah dalam budidaya ikan toman harus diawali dengan persiapan terlebih dahulu.Toman adalah nama sejenis ikan buas dari suku ikan gabus. Memiliki bentuk tubuh yang mirip dengan ikan gabus, toman dapat tumbuh besar mencapai panjang lebih dari satu meter dan menjadi spesies yang terbesar dalam sukunya. Ikan toman dalam bahasa Inggris dikenal sebagai red snakehead, redline snakehead merujuk pada warna tubuhnya ketika muda, atau Malabar snakehead. Nama snakehead mengacu pada bentuk kepalanya yang menyerupai kepala ular. Sementara nama ilmiahnya adalah Channa micropeltes.

Toman tergolong kepada ikan buas, yakni predator yang memangsa aneka jenis ikan lainnya, serta hewan-hewan lain seperti serangga dan kodok yang berada di lingkungannya.Ikan ini memiliki kebiasaan ‘mengasuh’ anak-anaknya. Induk ikan seringkali didapati berenang di sekitar kelompok anak-anak toman yang masih kecil-kecil. Dilaporkan pula bahwa induk semacam ini juga tidak segan-segan menyerang orang yang berenang terlalu dekat, yang dikhawatirkan akan mengganggu anak-anaknya. Perilaku suka menyerang pengganggu ini dimanfaatkan orang Banjar di pedesaan untuk memancing induk toman dan mendekat lalu diumpan dengan daging kodok.

Ikan toman menyebar luas di Indonesia bagian barat (Sumatra, Kalimantan dan pulau-pulau sekitarnya), Malaysia, Thailand, Laos, Vietnam, India, dan mungkin pula Myanmar. Keberadaannya di India barat daya (Tamilnadu dan Kerala) terasa janggal, karena terpisah sekitar 2500 km dari wilayah sebarannya yang lain di Asia Tenggara. Ikan ini diperkirakan dibawa masuk ke India oleh manusia sebelum abad ke-19.

Ikan toman memiliki bantuk tubuh kepala picak dan badan pipih. Ikan toman memiliki lima  buah sirip, yaitu sirip punggung (pinnae dorsalis), sirip dada (pinnae pectoralis), sirip perut (pinnae ventralis), sirip dubur (pinnae analis) dan sirip ekor (pinnae caudalis). Sirip punggung panjang hamper kepangkal ekor dan sirip dubur  panjang hingga kepangkal ekor. Sirip ekor mendatar dan berada di belakang.. Linea lateralisnya lurus. Habitat  : air tawar.

Menurut DJUHANDA (1989), ikan Motan tergolong famili Cyprimidae, ukuran panjang tubuhnya lebih besar dari pada tinggi tubuhnya, bentuknya bilateral simetris, mulutnya terletak di ujung depan kepala atau agak ke bawah, moncongnya dapat ditonjolkan ke depan dan mempunyai gelembung renang yang terbagi dalam dua bagian, bagian belakang lebih kecil dari pada bagian depan.

Ikan motan mempunyai ciri morfologis sbb: Kepala meruncing, overculum mempunyai kelopak yang besar, mulut dianterior dan kecil, tidak ada bibir atas dan rahang bawah, mempunyai lipatan bibir yang kecil pada sudut rahang. Garis rusuk lurus dan memanjang ketengah-tengah ekor. Sirip dorsal kecil dan terletak sejajar dengan sirip ventral. Tidak mempunyai lebih dari 8 ruji bercabang. Tidak ada sisir insang dan lamna insang panjang, tidak ada pseudobrranchia (Mohsin dan Ambak,1992). Menurut (Saanin, 1984), ikan ini dikenal juga dengan nama Kendie, Menangin, Lambak, Ringan, Lumoh dan Pingan. Di Palembang, ikan ini di namakan Damaian / Lumopoko dan di Kalimantan disebut Ketup atau bau ketup (Subardja et al,1995).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

APA ITU SATELIT

Halo sobat Gisser.. Bumi kita merupakan suatu tempat yang mempunyai berbagai keistimewaan yang sangat banyak, yang terkadang kita sendi8i se...

Popular Post

(C) Copyright 2018, All rights resrved AquaGIS.id. Template by colorlib